Membaur Dengan Alam Di Wana Wisata Penangkaran Rusa Giri Jaya

By on February 8, 2017
Wana Wisata Penangkaran Rusa Giri Jaya

Wana Wisata Penangkaran Rusa Giri Jaya – Keindahan alam merupakan salah satu anugerah Tuhan yang begitu luar biasa. Baik itu dari segi alam terbuka, keindahan dan nuansanya, hingga makhluk hidup yang menjadi dari bagian alam tersebut. Tentu saja, hal seperti ini harus dilestarikan. Termasuk juga dengan hewan yang hidup di alam bebas.

Mungkin sebagian dari Anda pun ingin menikmati keindahan alam bebas tersebut. Tak menutup kemungkinan lain, mungkin Anda pun ingin merasakan sensasi bermain dengan hewan-hewan yang ada di alam bebas, meski berada pada suatu tempat yang tak membahayakan seperti hutan belantara.

Menikmati keindahan alam bebas bersama rusa sepertinya akan menjadi pengalaman yang menyenangkan dalam hidup Anda. Jika Anda atau buah hati belum pernah melakukannya, tak ada salahnya mencoba mengunjungi sebuah tempat di daerah Bogor, Jawa Barat yang bernama Wana Wisata Penangkaran Rusa Giri Jaya.

Lokasi Wana Wisata Penangkaran Rusa Giri Jaya

Seperti yang telah diuraikan di atas, Wana Wisata Penangkaran Rusa Giri Jaya terletak di daerah Bogor, Jawa Barat. Lebih tepatnya di Desa Buana Jaya, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Wana Wisata Edukasi dan Penangkaran Rusa Giri Jaya Bogor Jawa Barat

Wana Wisata Edukasi dan Penangkaran Rusa Giri Jaya Bogor Jawa Barat. Foto dari winnetnews.com

Anda bisa menuju tempat ini dengan melewati perbatasan Kecamatan Jonggol Citra Indah. Pintu masuk menuju penangkaran terdapat di sisi kiri jalan dan sedikit terhalang pepohonan karena jalan masuknya langsung menurun dan juga curam dengan kerikil. Maka, Anda sebaiknya berhati-hati melintasi medan ini untuk sampai di penangkaran rusa tersebut.

Setelah kendaraan Anda diparkir, untuk sampai di penangkaran masih ada lagi rute yang harus dilewati. Jalan masuk ke area penangkaran rusa ini menarik. Sebab, Anda akan melewati sebuah jembatan gantung sekitar 30 m, yang terbentang di atas Sungai Cibeet.

Letak Wana Wisata Penangkaran Rusa Giri Jaya berada di tengah lembah, di antara beberapa perbukitan sekitar daerah Jonggol. Sehingga, pada siang hari akan terasa lembab meskipun panas. Untuk sampai di Wana Wisata Penangkaran Rusa Giri Jaya, Anda dapat melalui jalan selebar 1,5 m yang menghampar.

Wana Wisata Penangkaran Rusa Giri Jaya

Setelah sampai di Wana Wisata Penangkaran Rusa Giri Jaya, Anda akan dapat melihat berbagai macam jenis rusa. Jenis rusa yang paling banyak di penangkaran ini antara lain rusa totol, timor, dan juga bawaan. Rusa-rusa yang ada di tempat ini paling banyak berasal dari Jawa dan Bali, meski penyebarannya hingga Nusa Tenggara, Sulawesi, bahkan Kepulauan Maluku.

Jika Anda ingin memberi makan rusa-rusa ini, pihak Wana Wisata Penangkaran Rusa Giri Jaya sudah  menyediakannya. Dengan harga murah dan terjangkau, Anda bisa mendapatkan ubi-ubian atau wortel yang dapat diberikan langsung kepada rusa untuk dimakan. Tak hanya itu, Anda dapat memberikannya sendiri dalam jarak dekat.

Mungkin awalnya Anda akan merasa takut untuk memberi makan kepada rusa secara langsung. Para pengunjung biasanya memberi makan rusa dari atas gazebo. Setelah itu, perlahan-lahan baru berani turun untuk memberikan makanan kepada rusa-rusa tersebut secara langsung.

Perlu Anda ketahui, para rusa yang memiliki tanduk berjenis kelamin jantan. Sedangkan yang tidak, mereka merupakan kelompok rusa betina. Maka, tak ada salahnya jika Anda lebih berhati-hati untuk memberi makan atau bermain bersama mereka, sehingga tak terluka tanduk runcing yang dimiliki oleh rusa-rusa jantan.

Meski demikian, rusa-rusa yang ada di Wana Wisata Penangkaran Rusa Giri Jaya sangat jinak. Mereka tak akan menyerang dan tetap jinak meskipun para pengunjung tidak membawa makanan untuk diberikan. Selain itu, untuk melihat semua jenis rusa yang ada di sini, ada baiknya Anda datang sekitar pukul 07.00 sampai 14.00.

Featured Foto by: pegipegi.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Read more:
Uji Adrenalinmu Di Bukit Paralayang Bogor
Uji Adrenalinmu Di Bukit Paralayang Bogor

Uji Adrenalinmu Di Bukit Paralayang Bogor - Apakah anda sedang banyak fikiran, stress, lelah maupun butuh liburan? Sudah saatnya anda berwisata...

Liburan Seru Di Trans Studio Bandung Dengan Berbagai Wahana Yang Tak Membosankan

Liburan Seru Di Trans Studio Bandung Dengan Berbagai Wahana Yang Tak Membosankan - Trans Studio Bandung merupakan tempat wisata di Bandung...

Close