Wisata Alam Gunung Patuha Bandung Destinasi Keindahan Surgawi

Wisata Alam Gunung Patuha Bandung Destinasi Keindahan Surgawi

Wisata Alam Gunung Patuha Bandung Destinasi Keindahan Surgawi – Bandung merupakan salah satu wilayah di Jawa Barat yang memiliki banyak destinasi tempat wisata alam. Salah satu yang cukup terkenal adalah Gunung Patuha.

Wisata Alam Gunung Patuha ini berada di Kabupaten Bandung. Untuk menuju objek wisata ini Anda harus menempuh perjalanan dari Kota Bandung terlebih dahulu. Sepanjang perjalanan menuju gunung ini, Anda akan dimanjakan oleh pemandangan alam yang begitu indah dan asri serta udara sejuk khas pegunungan yang membuat suasana liburan semakin menyenangkan.

Keindahan Wisata Alam Gunung Patuha

Untuk menuju destinasi tempat Wisata Alam Gunung Patuha ini, wisatawan bisa menggunakan kendaraan mulai dari motor hingga bus. Kondisi jalan menuju gunung ini memang sudah termasuk mudah meskipun ada beberapa jalan yang berkelok karena berada di kawasan dataran tinggi.

Sebetulnya nama Gunung Patuha diperoleh dari nama Pak Tua karena masyarakat sekitar menyebut gunung ini sebagai gunung sepuh atau gunung tua.

Gunung ini memiliki ketinggian 2.434 meter di atas permukaan laut dan ketika berada di puncak gunung ini suhunya mencapai 8-22 derajat celcius. Oleh karena itu bagi pengunjung disarankan untuk memakai baju hangat agar tak kedinginan. Menuju Gunung Patuha, pengunjung akan menikmati keindahan hutan alam yang masih sangat asri serta udara sejuk khas pegunungan.

Sebelum dikenal sebagai objek wisata, gunung ini dianggap sebagai gunung yang angker. Terlebih bagian puncak gunung yang sepi membuat orang-orang tak berani untuk menginjakkan kaki di puncak gunung ini. Bahan banyak mitos yang berkembang bahwa gunung ini merupakan kerajaan jin dan arwah para leluhur.

Akhirnya untuk membuktikan hal tersebut seorang ilmuwan asal Jerman Dr. Franz Wilhelm Junghun memberanikan diri untuk menyusuri hutan belantara di Gunung Patuha hingga akhirnya mencapai puncak gunung dan ditemukan kawah yang benar-benar indah di puncak gunung ini. Kawah tersebut adalah Kawah Putih.

Wisata Gunung Patuha

Selain menyajikan pemandangan alam yang benar-benar masih alami dan rindang, Gunung Patuha memiliki objek wisata di bagian puncak gunung dan kaki gunung. Bahkan objek wisata alam Gunung Patuha sudah sangat terkenal hingga ke mancanegara. Di puncak gunung ini terdapat Kawah Putih yang merupakan salah satu objek wisata yang sangat terkenal di Jawa Barat. Pada bagian kaki gunung terdapat Situ Patenggang yang juga tak kalah terkenal dengan Kawah Putih.

Kawah Putih merupakan kawah yang terbentuk akibat letusan Gunung Patuha yang terjadi pada abad ke X dan XII silam. Kawah ini memiliki keunikan yang mampu membedakannya dengan kawah di objek wisata lain. Air di kawah ini mampu berubah warna sesuai dengan cahaya di sekitar dan keadaan cuaca di kawah putih. Selain itu, permukaan kawah dan bebatuan di sekitar kawah ini cenderung berwarna putih sehingga kawah ini dijuluki sebagai Kawah Putih.

Wisata Alam Gunung Patuha Bandung Destinasi Keindahan Surgawi
Wisata Alam Gunung Patuha Bandung Destinasi Keindahan Surgawi

Kawah ini masih tergolong sebagai kawah yang aktif dengan bau belerang yang sangat menyengat. Oleh karena itu para pengunjung diwajibkan untuk memakai masker dan tak boleh berlama-lama berada di sekitar kawah agar tak berbahaya bagi pernapasan. Untuk mencapai Kawah Putih, biasanya wisatawan harus menaiki kendaraan angkutan atau mobil pribadi karena jalan menuju kawah sangat menanjak.

Puas bermain di Kawah Putih, Anda bisa turun dari puncak untuk menuju objek wisata Situ Patenggang  yang terletak di kaki Gunung Patuha. Menuju danau ini, Anda akan melewati perkebunan teh yang asri. Tiba di danau ini, wisatawan akan dimanjakan pemandangan danau yang indah serta alam di sekitar danau yang merupakan hutan lindung. Oleh karena itulah banyak wisatawan yang tertarik untuk berwisata ke Gunung  Patuha karena adanya objek wisata Kawah Putih dan Situ Patenggang.

Itulah penjelasan mengenai Wisata Alam Gunung Patuha yang pantas untuk Anda kunjungi. Berdasarkan penjelasan di atas, Anda bisa memasukkan objek wisata ini sebagai referensi destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi jika berada di Jawa Barat.