gunung tangkuban perahu

Yuk Intip Indahnya Gunung Tangkuban Perahu Di Jawa Barat dari Dekat

Yuk Intip Indahnya Gunung Tangkuban Perahu Di Jawa Barat dari Dekat – Destinasi wisata Gunung Tangkuban Perahu merupakan tempat wisata dengan pegunungan dan kawah yang sangat indah di Jawa Barat. Dengan cerita yang melegenda, Tangkuban Perahu selalu diingat dan diincar oleh wisatawan untuk mengisi liburan di akhir pekan. Untuk Anda yang belum pernah kesana, cobalah berkunjung dan menikmati keindahannya.

Tempat Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Ketika tahun 2014, wisata Gunung Tangkuban Perahu sudah beberapa kali ditutup oleh pemerintah daerah Jawa Barat, karena ada perkiraan bahwa gunungnya akan meletus. Karena pada saat itu intensitas semburan kawah dan asap belerang yang meningkat, dikhawatirkan dapat mempengaruhi keselamatan dari para pengunjung. Ketika aktivitas vulkanis dari gunung dirasa sudah menurun dan tidak berbahaya, akses jalan masuknya dibuka kembali.

gunung tangkuban perahu
gunung tangkuban perahu

Apa sih yang menjadi kelebihan dari Tangkuban Perahu?

  1. Memiliki cerita sejarah yang sangat melegenda, bahkan anak SD pun sudah mengetahuinya.
  2. Lokasinya terletak di kawasan hutan lindung yang pastinya sangat terjaga kelestarian, keasrian, dan kesejukan udaranya. Untuk Anda yang ingin kembali bercengkrama dengan alam, cocok sekali ke Tangkuban Perahu.
  3. Suhu rata-rata di sekitar Gunung Tangkuban Perahu adalah 17 derajat celcius, sedangkan untuk sore hingga malam bisa mencapai 2 derajat celcius. Lihatlah betapa besar nilai jual kesejukan udaranya. Wisatawan dari luar kota, terutama yang berdomisili di jakarta dengan udara yang sangat panas dicampur polusi kotor, pasti senang dan betah jika berlama-lama menikmati indahnya wisata Tangkuban Perahu disertai udara yang sehat.
  4. Ada 3 kawah yang luas dan indah. Jika Anda ingin menyusuri semua kawahnya dengan berjalan kaki, kurang lebih akan memakan waktu 2 jam. siapkan jam yang cocok, setidaknya pagi hari ketika mulai buka, yakni jam 7 pagi Anda sudah berada di lokasi sehingga proses penelusuran kawahnya menjadi nyaman. Jika menjelang sore, kawasan gunung sering diselimuti oleh kabut.

Jam Buka Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Destinasi wisata Gunung Tangkuban Perahu buka setiap hari (senin – minggu), mulai dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore. Cukup panjang waktunya, dijamin Anda puas.

Tips Sebelum Berwisata ke Tangkuban Perahu di Jawa Barat

Sebelum Anda berkunjung ke Gunung Tangkuban Perahu ada baiknya jika Anda memperhatikan beberapa tips ringan berikut ini.

  1. Bawalah jaket atau sweater yang cukup tebal untuk melindungi tubuh Anda dari udara dingin.
  2. Jangan lupa memasukkan masker penutup hidung ke dalam tas untuk mencegah bau gas belerang yang sangat menyengat. Jika Anda tak suka memakai masker, bisa juga membawa sapu tangan yang pada intinya untuk menutup hidung saja.
  3. Bawa payung untuk melindungi diri dari radiasi sinar matahari saat Anda menelusuri kawasan di tepian kawah sekitar gunung. Meskipun Anda merasakan udara disana yang sejuk dan dingin, namun kulit Anda bisa terbakar secara tidak sar, maka bawalah payung agar perjalanan menjadi lebih nyaman.
  4. Usahakan menggunakan sendal gunung, tas, dll yang memang digunakan untuk hiking saat mengunjungi lokasi yang cukup berbahaya ini. Merk yang sudah terbukti bagus kualitasnya ada “Eiger”.

Alamat & Nomor Telepon Terkait Wisata di Gunung Tangkuban Perahu

Alamat lengkap dari kawasan Tangkuban Perahu adalah di Gn. Tangkuban Parahu Sukajaya, Lembang, Kabupaten Bandung Bar. 40391. Untuk mengetahui informasi tekait destinasi wisata gunung ini seperti harga tiket yang terbaru dan cara reservasinya, silahkan untuk menghubungi pengelola PT. Gunung Tangkuban Perahu Permai 022-607383

featured image by: @dan_syauqi