Tradisi Unik Pasca kematian yang Hanya Ada di Indonesia – Sebagai negeri yang kaya akan ragam budaya, Indonesia tentu memiliki beragam upacara atau ritual adat yang cukup unik dan khas. Kekhasan budaya ini tidak hanya tampak pada upacara-upacara adat seperti kelahiran, pernikahan, dan kematian, tetapi juga ritual/upacara pasca kematian yang diadakan untuk menunjukkan rasa kehilangan.

Setiap suku atau golongan masyarakat di Indonesia umumnya memang memiliki ritual pasca kematian ini. Ada yang hanya sebatas syukuran dan pembacaan doa-doa, tetapi ada pula yang melakukan tradisi unik dan bahkan ekstrem.

Penasaran? Yuk, simak uraian di bawah ini agar kamu semakin paham dan kagum betapa kinclongnya Indonesia dari segi ragam budayanya.

-1. Rambu Solo – Toraja-


Rambu Solo – Toraja – indonesiakaya.com

Tana Toraja memang dikenal dengan tradisi upacara kematiannya yang unik dan ekstrem. Sebut saja seperti ritual Ma’nene (mayat berjalan) serta upacara pemakaman di tebing batu. Namun, tahukah Anda bahwa ritual kematian tersebut tak akan pernah lengkap selama belum diadakan upacara penyempurnaan kematian atau yang biasa disebut Rambu Solo. Selama itu pula, mayat akan tetap dianggap hidup, sehingga pihak keluarga akan tetap memberinya makan dan mengajaknya bicara.

Rambu Solo ini sendiri terdiri dari beberapa rangkaian acara atau prosesi ritual yang cukup memakan biaya. Salah satu di antaranya adalah ritual Mapasilaga Tedong atau yang lebih populer dengan istilah Tedong Silaga. Sebuah tradisi adu kerbau layaknya Matador di Negara Spanyol.

Tujuan diadakannya ritual Tedong Silaga ini adalah agar keluarga yang sedang berduka merasa terhibur dengan atraksi dua kerbau tersebut. Uniknya, kerbau yang diadu dalam ritual ini bukan kerbau jenis biasa, lho. Melainkan kerbau-kerbau berharga fantastis, bahkan hingga milyaran rupiah.

-2. Tradisi Iki Palek – Suku Dani Papua-


Tradisi Iki Palek – Suku Dani Papua – boombastis.com

Suku Dani di pedalaman Papua memiliki tradisi pasca kematian yang cukup ekstrem dan berbahaya. Mereka akan memotong salah satu ruas jarinya ketika ada orang terdekat yang meninggal dunia. Menurut mereka, tradisi yang dikenal dengan sebutan Iki Palek ini menggambarkan rasa sakit ketika kehilangan orang-orang terkasih.

Uniknya, tradisi memotong ruas jari ini hanya dilakukan oleh para wanita Suku Dani, lo. Sedangkan para lelakinya akan melakukan ritual lain berupa pengirisan kulit telinga. Tradisi yang cukup seram, ya.

-3. Tiwah – Kalimantan Tengah-


Tiwah – Kalimantan Tengah – images1.prokal.co

Suku Dayak di Kalimantan Tengah juga memiliki tradisi pasca kematian yang cukup unik. Mereka diharuskan untuk melakukan upacara penyempurnaan jenazah bagi para mayat yang telah dikubur bertahun-tahun dan diperkirakan tinggal tulang belulang.

Upacara ini dianggap sebagai tahapan terakhir untuk memutus keterikatan dengan dunia, serta untuk memuluskan jalan bagi si jenazah untuk menuju surga. Bagi pihak keluarga, upacara ini bertujuan untuk memutus kesialan yang datang pasca kematian, serta sebagai penanda keberlanjutan hubungan dan status orang yang ditinggalkan. Setelah melakukan ritual ini, pihak istri/suami diperbolehkan untuk memilih akan menikah lagi atau tidak.

Prosesi inti pada ritual ini sendiri berupa pemindahan tulang belulang dari liang lahat ke sebuah tempat bernama Sandang. Uniknya, ritual tiwah ini juga menjadi salah objek wisata yang diminati oleh wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

-4. Tradisi Saur Matua – Sumatera Utara-


Tradisi Saur Matua – Sumatera Utara – images2.tempo.co

Ritual pasca kematian masyarakat Batak ini biasanya dilakukan untuk orang yang meninggal di usia yang sudah sangat tua. Tradisi ini merupakan penggambaran konsep ‘kematian ideal’, yakni orang tersebut mati ketika telah menikahkan anak-anaknya, dan anak-anaknya juga telah menjadi orang tua.

Menurut mereka, kematian dalam usia ini adalah kematian yang didambakan dan karenanya harus dirayakan sebagai wujud rasa bahagia. Ritual ini wajib dilakukan oleh anak-anak dari pihak yang meninggal, khususnya anak yang sudah menikah.

Itulah beberapa tradisi unik pasca kematian yang ada di negeri ini. Semoga bisa menambah wawasan kamu ya.

%d bloggers like this:
Read more:
Villa Kayu Manis, Villa Berkenangan Manis Dan Romantis Selama Berbulan Madu

Momen Pernikahan adalah momen yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Karena dimomen ini menyatulah dua insan, dua keluarga, dua kerajaan...

Cara Pengobatan Penyakit yang Hanya Ada di Indonesia

Cara Pengobatan Penyakit yang Hanya Ada di Indonesia - Ketika kamu sakit, alangkah baiknya memeriksakan diri ke dokter.Namun di Indonesia,...

Close