10 Reksadana Terbaik 2024: Pilihan Tepat untuk Raih Keuntungan Maksimal

Foto 1. Ilustrasi Pilihan tept dan terbaik serta keuntungan maksimal. 10 Reksadana terbaik 2024. unsplash.com/@irinagrotkjaer

Tingkatkan keuangan Anda di tahun 2024 dengan memilih Reksadana terbaik! Panduan ini mengupas 10 Reksadana unggulan dengan performa menjanjikan untuk membantu mencapai tujuan investasi.


Memasuki tahun 2024, dunia investasi masih menjadi perburuan bagi para investor di tanah air.

Akan tetapi, dengan banyaknya berbagai macam pilihan investasi, reksadana masih menjadi salah satu investasi yang paling banyak diminati oleh para investor terutama pemula.

Keuntungan yang sangat stabil dan mudah dikelola itulah menjadi daya tarik utama bagi para perusahaan. 
Lantas, perusahaan apa saja yang menyediakan investasi reksadana? Yuk, simak 10 reksadana terbaik 2024: pilihan tepat untuk raih keuntungan maksimal yang sesuai dengan profil risiko Klepusher.

Reksadana Terbaik

Memilih reksadana terbaik masih menjadi pertimbangan bagi semua investor pemula. Pasalnya, ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan sebelum melakukan investasi di perusahaan tertentu yang telah dipilihnya.

Apalagi, investasi reksadana ini merupakan salah satu pilihan investasi yang paling populer di Indonesia karena selalu menawarkan beberapa keuntungan, seperti:
  • Memberikan kemudahan dalam melakukan investasi melalui agen penjual efek reksadana (APERD) seperti bank, perusahaan sekuritas, atau platform online yang tidak memerlukan banyak waktu.
  • Reksa Dana akan membantu para investor untuk mendiversifikasi portofolio dan mengurangi risiko investasi.
  • Dana Anda dikelola oleh tim yang sudah profesional dan berpengalaman di bidang investasi. Hal ini anda tidak perlu khawatir dengan pengelolaan dananya.
  • Reksadana memiliki potensi keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan dengan deposito. Namun, perlu diingat bahwa reksa dana juga memiliki risiko yang lebih tinggi.
  • Para investor bisa memulai investasi di reksadana dengan modal yang kecil mulai Rp. 100.000. Sehingga, reksadana menjadi pilihan terbaik sebagai tempat investasi yang ideal bagi investor pemula.
Disamping itu, sebelum memilih reksadana sebagai pilihan terbaik untuk investasi, penting sekali 

Klepusher harus pahami terlebih dahulu tentang tujuan investasi, apakah untuk jangka pendek, menengah atau jangka panjang?

Kemudian, kenali dulu bagaimana profil risiko yang akan dihadapi di saat ingin ambil berinvestasi

Selanjutnya, penting juga kamu harus menghitung seberapa besar toleran terhadap fluktuasi nilai investasinya.

Sehingga, akan lebih mudah dapat melakukan persiapan dana yang akan diinvestasikan.


10 Rekomendasi Reksadana Terbaik 2024

Berikut ini, adalah 10 rekomendasi reksadana terbaik 2024 yang menjadi pertimbangan di saat akan berinvestasi, diantaranya:

Reksadana Pasar Uang

Reksadana terbaik yang sangat cocok bagi investor yang handal yaitu reksadana pasar uang.

Ini adalah salah satu jenis reksadana paling ideal bagi investor yang ingin menabung dengan aman dan mudah.

RDPU menginvestasikan dana investor dalam instrumen pasar uang, seperti deposito, Sertifikat Bank Indonesia (SBI), dan Sertifikat Utang Negara (SUN) yang memiliki jatuh tempo kurang dari 1 tahun.

Karakteristik utama RDPU adalah memiliki risiko rendah, likuiditas tinggi, dan potensi keuntungan sangat stabil

Oleh karena itu, RDPU sangat cocok untuk investor dengan profil risiko konservatif dan tujuan investasi jangka pendek, seperti dana darurat, tabungan pendidikan, atau persiapan pensiun.

Ada banyak pilihan tempat untuk berinvestasi di Reksa Dana Pasar Uang (RDPU) yang bisa Klepusher pilih, seperti manulife Dana Likuid dan BEI Dana Syariah Pasar Uang.


Reksadana Saham

Reksadana terbaik di tahun 2024 yang selanjutnya adalah reksadana saham. Ini merupakan salah satu jenis investasi yang menjadi pilihan paling tepat bagi para investor ketika ingin memiliki keuntungan tinggi dalam jangka panjang.
Jenis reksa dana ini dapat menginvestasikan dana investor dalam saham perusahaan yang terdaftar di bursa efek.
Saham merupakan surat berharga yang mewakili kepemilikan pada suatu perusahaan, sehingga investor akan mendapatkan keuntungan dari peningkatan nilai saham dan dividen yang dibagikan perusahaan tersebut.

Namun, perlu diingat bahwa Reksa Dana Saham memiliki risiko yang lebih tinggi juga dibandingkan dengan jenis reksa dana lainnya.

Nilai unit Reksa Dana Saham dapat berfluktuasi secara signifikan dalam jangka pendek, dan investor berpotensi kehilangan sebagian atau seluruh modalnya.

Pilihan reksa dana saham yang menjadi pertimbangan bagi para investor, diantaranya danareksa Maxi Fund, Eiger Stabil Fund dan BNI Dana Saham Syariah C-Syariah.



Reksadana Obligasi

Adapun, reksadana terbaik tahun 2024 yang masih unggul yaitu reksadana obligasi. Ini merupakan salah satu jenis investasi yang bisa dipilih bagi para investor jika menginginkan stabilitas dan potensi keuntungan moderat.

Jenis reksadana ini menginvestasikan dana investor dalam obligasi, yaitu surat berharga yang diterbitkan oleh pemerintah atau perusahaan untuk meminjam dana. 

Obligasi memiliki jatuh tempo yang tepat dan menawarkan bunga tetap kepada investor. Pilihan investasi reksadana obligasi yang bisa kamu coba, diantaranya BCA Dana Obligasi Pemerintah, Mandiri Dana Obligasi Negeri dan SBI Dana Obligasi Syariah 2.


Reksadana Campuran

Reksadana terbaik di tahun 2024 terdapat reksadana campuran. Ini adalah salah satu jenis investasi yang menjadi pilihan terbaik bagi para investor ketika ingin mencari keseimbangan dalam keuntungan dan risikonya

Dimana, jenis reksa dana campuran ini dapat menginvestasikan dana investor dalam kombinasi berbagai instrumen keuangan, seperti pasar uang, obligasi, dan saham. 

Adapun, investasi yang bisa kamu coba di reksadana campuran ini, diantaranya CIMB Niaga Dana Campuran Syariah, Trimega Ultima Fund dan AXA Dana Campuran Syariah.



Tips Memilih Reksadana Terbaik

Berikut ini, ada beberapa tips memilih reksadana terbaik bagi para investor sebelum melakukan investasi, diantaranya:
  • Pahami profil risiko, apakah anda memilih keuntungan stabil dengan fluktuasi nilai unit yang rendah atau sebaliknya.
  • Tentukan tujuan investasi. Apakah anda ingin berinvestasi jangka pendek, menengah atau panjang
  • Pilih jenis reksa dana yang tepat untuk memudahkan anda dapat mendapatkan keuntungan
  • Bandingkan berbagai produk reksa dana sebelum mengambil keputusan untuk berinvestasi di perusahaan tertentu.
  • Lakukan diversifikasikan portofolio Anda dengan berinvestasi di berbagai jenis Reksa Dana dan APERD untuk meminimalisir risiko dan meningkatkan stabilitas keuntungan.
  • Pantau kinerja reksadana secara berkala melalui website APERD atau aplikasi mobile investasi Reksa Dana
Setiap berinvestasi diperusahaan tentu ada risiko yang akan dihadapi. Namun, dibalik itu semua, Klepusher akan mendapatkan keuntungan pula dalam setiap pasar keuangan. Oleh karena itu, pilihlah reksadana terbaik 2024 untuk menentukan pilihan paling tepat dalam berinvestasi di masa yang akan datang.

Posting Komentar

0 Komentar