Pengalaman Traveling 1 Day Hunting Photo Banyumas - Brebes [Hunting Sinset]

Hunting Sunset
Foto 1. Hunting sunset 


Akhirnya Pengalaman Traveling 1 Day Hunting Photo Banyumas - Brebes di kawasan Kec. Karanglewas, Kab. Banyumas. yang menawarkan pemandangan sungai, landscape sawah dan juga Kereta Api harus berakhir juga.

Dan disiang hari kala itu kala matahari mulai condong ke barat, Sparklepush.com kembali melanjutkan perjalanan menuju Kab. Brebes melalui jalur alternative Purwokerto - Brebes [Jalan-jalan melalui jalur alternative Purwokerto - Brebes pernah diulas sebelumnya di sini dan lanjutannya di sini]

Tapi sebelum melanjutkan perjalanan tak lengkap rasanya melewati area persawahan di Kec. Karanglewas ini kalau belum mengabadikan view persawahannya.

Sayangnya, pada saat hunting foto di sini sawah-sawah yang biasa ditanami padi ini sudah selesai atau sudah melewati masa panen, jadi yang tersisa hanyalah batang-batang tanaman padi [Jerami] yang masih tegak diatas tanah sawah ini.

👉Foto-foto lainnya: Foto Jalan-jalan di Kota Purwokerto. Kota yang Punya Banyak Julukan

Pemandangan sawah di Banyumas
Foto 2. Pemandangan area persawahan di sebelah barat lokasi pemotretan Desa. Gunung Lurah Kec. Karanglewas Kab. Banyumas. Dokumentasi Sparklepush.com Hasil Jepretan Kamera DSLR Sony A-500

Beberapa dari sawah yang menjadi objek foto 1 day traveling hunting foto di Kabupaten Banyumas - Brebes ini ada yang sedang dalam proses atau tahap penggemburan tanah dan ada juga yang dibiarkan begitu saja hingga tumbuh rumput di seluruh sawah.

Kawasan ini dilalui oleh saluran listrik tegangan tinggi atau sering disebut dalam akronim SUTET

SUTET singkatan dari Saluran Udara Tegangan Eksta Tinggi. Umumnya, saluran listrik antar wilayah ini menyalurkan listrik antara 1000 megawatt, atau paling tinggi sekitar 2000 ampere.

Keliatannya sih dari angka memang sedikt, tapi sekali kena setrum bisa auto gosong ya Klepusher. Jadi musti ekstra hati-hati jika lewat dibawahnya meskipun nggak perlu parno juga.

Selain SUTET, ada hal yang cukup menarik lainya sebelum hunting photo di Banyumas ini berakhir yaitu adanya tanaman keladi sayur yang tumbuh di sela-sela pematang sawah.

Tanaman ini [Keladi Sayur] memang memiliki nilai ekonomis meskipun nilainya tak setinggi sayuran-sayuran lainya seperti Sawi, Caisin, Bayam, Kangkung, Pakcoy, Ceriwis Sayur dan yang lainnya.

Meskipun nilai ekonomisnya tak setinggi sayuran-sayuran lainya tetap ada keunggulannya yaitu minim perawatan adalah salah satunya.

👉Foto-foto lainnya: Foto Jalan-jalan di Kota Purwokerto. Kota yang Punya Banyak Julukan (Part 2)


Pemandangan sawah di Banyumas
Foto 3. Pemandangan area persawahan di sebelah timur lokasi pemotretan Desa. Gunung Lurah Kec. Karanglewas Kab. Banyumas. Dokumentasi Sparklepush.com Hasil Jepretan Kamera DSLR Sony A-500

Pada Foto 3. dipotret pada lokasi foto yang berlawanan dengan Foto 2 yaitu pada sisi bagian timur dimana pada saat itu ada beberapa sawah yang digenangi air. 


Gagal menciptakan pemandangan langit biru dan awan putih yang epic terrefleksi di genangan air karena minimnya support alat pemotretan. 

Memang, untuk menciptakan foto yang dramatis terkadang memerlukan accerories tambahan seperti filter lensa sehingga keinginan antara fotografer dengan hasil pemotretan dapat terakomodir dengan cukup baik.

Untuk melakukan pemotretan dengan tema refleksi sebenarnya akan sangat membantu jika lensa yang digunakan untuk hunting photo dibekali dengan aksesories filter, khususnya ND (Natural Density).

Filter Natural Density (ND) ini dapat mengurangi pantulan cahaya berlebih. Cahaya berlebih pada foto mengakibatkan pada sisi / area yang banyak terkena sinar matahari akan menjadi putih sehingga mengaburkan objek yang ada di dalamnya.

Pada Foto 3 di atas adalah contoh pemotretan tanpa ND Filter dan kebetulan memang tidak membawanya pada sesi Traveling 1 day hunting Photo di Banyumas - Brebes

👉Foto-foto lainnya: Foto Jalan-jalan di Kota Purwokerto. Kota yang Punya Banyak Julukan (Part 3)


Jembatan Perlintasan Kereta Api
Foto 4. Sungai di bawah jembatan perlintasan Kereta Api di Ds. Gununglurah Kec. Karanglewas. Kab. Banyumas. Dokumentasi Sparklepush.com Hasil Jepretan Kamera DSLR Sony A-500

Menjelang beranjak dari spot foto area persawahan ini, sparklepush.com sempatkan memotret jembatan perlintasan Kereta Api lebih dekat. 

Ini adalah perlintasan kereta api dan jembatan yang sudah dipublish pada postingan traveling 1 day hunting photo Banyumas - Brebes pada part 1.

Sayangnya, hingga akhir dari sesi ini, Kereta Api tak kunjung datang lagi padahal moment dimana Kereta Api berjalan dari lawan arah juga moment yang paling ditunggu.

👉Foto-foto lainnya: Foto Jalan-jalan ke GOR SATRIA Purwokerto, Tempat Asyiknya Semua Usia Untuk Rekreasi sambil Olahraga 

Foto Landscape Sungai di Kutamendala
Foto 5. Landscape sungai di Kutamendala Kec. Tonjong Kab. Brebes. Dokumentasi Sparklepush.com Hasil Jepretan Kamera DSLR Sony A-500

Foto Landscape Sungai di Kutamendala
Foto 6. Landscape Ds. Kutamendala. Kec. Tonjong Kab. Brebes. Dokumentasi Sparklepush.com Hasil Jepretan Kamera DSLR Sony A-500

Akhirnya traveling 1 day hunting photo Banyumas - Brebes mempir di sebuah spot yang berada di Ds. Kutamendala Kec. Tonjong Kab. Brebes

Di tempat yang tidak terlalu jauh dari flyover Kutamendala ada sebuah sungai yang mengalir menuju Sungai Pemali

Sungai ini berkelok-kelok seperti ular dan sangat dalam ya, tapi bukan kedalaman airnya melainkan kedalaman lereng sungainya. 

👉Foto-foto lainnya: Dermaga Pantai Alam Indah, Tegal


Pengalaman Traveling 1 Day Hunting Photo Banyumas - Brebes [landscape sungai di desa Kutamendala]
Foto 7. Landscape sungai di Ds. Kutamendala Kec. Tonjong Kab. Brebes. Dokumentasi Sparklepush.com Hasil Jepretan Kamera DSLR Sony A-500

Foto 5, Foto 6 dan Foto 7, semuanya berada dalam satu area. Dan sungai ini mengalir diantara sela-sela perbukitan yang ada disekelilingnya. 

Bukit-bukit hijau ini sekilas dari jauh sepertinya lebih banyak didominasi oleh Pohon Jati. Memang, jika Klepusher melintas di jalan ini dari Margasari Kab. Tegal hingga Klonengan kemudian Songgom hingga Tonjong banyak sekali tanaman Pohon Jati yang mendominasi. 

Oiya, belum kenalan sama sungai yang satu ini. 

Sungai ini punya nama, Kali Glagah. Kira-kira seperti itu [CMIIW] Sama seperti sungai yang lainnya di sekitar Ds. Kutamendala. Sungai ini juga mengarah ke Sungai Pemali, salah satu sungai terbesar di Kabupaten Brebes.

Waktu terus bergulir hingga menggulirkan terik siang dan bergantilah sinar terang yang panas menjadi jadi melembut. Traveling 1 day Hunting photo Banyumas - Brebes [hunting sunset] yang mampir di area Ds. Kuamendala sepertinya harus segera diakhiri.

Pelan-pelan, sinar matahari yang menyilaukan berubah jadi sinar keemasan yang mulai ramah di mata.

👉Foto-foto lainnya: Foto Langit biru, awan putih dan hijau daun pisang



Pengalaman Traveling 1 Day Hunting Photo Banyumas - Brebes [Moment suasana menjelang golden hour]
Foto 8. Suasana cahaya keemasan menjelang sunset

Higlight cahaya pada Foto 8 semakin berwarna keemasan. 

Mungkin ini yang dimaksud dengan golden hour dimana menurut para fotografer profesional waktu seperti ini adalah moment yang paling tepat untuk memanfaatkan cahaya matahari.

Golden hour, informasi dari beberapa sumber di internet banyak menyebutkan bahwa terjadi pada pukul 5 hingga pukul 6 pagi ataupun sore. 

Bertepatan dengan golden hour ini, secara kebetulan, ada dua orang yang tiba-tiba datang tanpa terdengar suara kedatangannya.

Dikira mereka akan mencari rumput atau semak-semak untuk pakan ternak. Ternyata, dua orang yang - sepertinya mereka adalah bapak dan anak - salah satunya membawa sebuah kandang burung merpati.

Sepertinya mereka orang suruhan yang bertugas melepas merpati balap untuk diperlombakan.

Ya, Hobi burung memang terbagi banyak kategori.

Ada hobi burung kicau, burung predator, burung balap dan burung berwarna indah. 

👉Baca juga: Londok menoleh ke kanan


Pengalaman Traveling 1 Day Hunting Photo Banyumas - Brebes [Joki Merpati Balap - Pelepasan 1]
Foto 9. Melepas merpati balap sesi pertama

Pengalaman Traveling 1 Day Hunting Photo Banyumas - Brebes [Joki Merpati Balap - Pelepasan 2]
Foto 10. Melepas merpati balap sesi kedua

Pengalaman Traveling 1 Day Hunting Photo Banyumas - Brebes [Joki Merpati Balap - Pelepasan 3]
Foto 11. Melepas merpati balap sesi ketiga

Pengalaman Traveling 1 Day Hunting Photo Banyumas - Brebes [Joki Merpati Balap - Lepas landas]]
Foto 12. Melepas merpati balap

Seperti yang disaksikan oleh sparklepush.com, terlihat ada 3 pasang burung merpati balap yang dilepaskan oleh orang ini.

Cuma nerbangin burung merpati balap, orang ini sebenarnya mendapatkan fee/upah untuk menerbangkannya.

Fee atau upah untuk menerbangkan burung merpati balap ini sebenarnya ada namun sepertinya tidak ada standarisasi harga.

Rata-rata orang yang punya profesi pelepas burung merpati balap ini dibayar antara Rp. 20.000 hingga 50.000.

👉 Foto-foto lainnya: Kelinci putih diantara semak


Ya, itulah pengalaman traveling 1 day hunting photo dari Kab. Banyumas hingga Kab. Brebes dan Kab. Tegal yang cukup melelahkan. 

Nggak terasa sudah menghabiskan banyak waktu menunggu saat terbaik mengabadikan moment menjelang sunset dan golden hour di Ds. Kutamendala ini.

"Waktu terbaikku akan segera tiba, berkemas dan bergegaslah menuju tempat [sunset] terbaik yang kamu  pilih sebelum aku pergi tanpa kau sadari dan kamu kehilangan waktu terbaikku...!"

Begitulah kira-kira bisik-bisik Sang Matahari melalui sinar lembutnya dari balik semak-semak hijau yang tahan tak mengering di musim kemarau kala itu.

Pengalaman Traveling 1 Day Hunting Photo Banyumas - Brebes [(Backlight) Cahaya matahari dari balik semak di spot hunting photo Ds. Kutamendala]]
Foto 13. Cahaya matahari sore dari balik semak-semak di Ds. Kutamendala [backlight]..

Foto 14. Matahari menjelang sunset bersembunyi dibalik segumpal awan.

Bergegas menuju lokasi kendaraan yang diparkir di pinggir jalan. 

Dan Traveling 1 Day Hunting Photo Banyumas - Brebes [Hunting Sinset] berlanjut ke suatu tempat dimana Klepusher sudah melihat hasil jepretan kamera Sony A500 di awal artikel hunting foto ini.

Yup, lokasinya kalau dari titik hunting photo di Ds. Kutamendala menuju lokasi berburu sunset memang sudah tidak terlalu jauh, hanya sekitar 15 menit perjalanan atau sekitar 10 kilometer dari lokasi pelepasan burung merpati balap sekaligus menjadi tempat hunting Photo pada 1 Day Traveling Banyumas - Brebes.

Saat perjalanan menuju lokasi Hunting Photo Sunset keberuntungan pun datang pada saat yang tepat.

Moment keberuntungan yang dimaksud adalah dimana pada saat yang bersamaan Kereta Api, Pengendara Sepeda Motor dalam satu frame dan berjalan berlawanan.

Seolah-olah menyampaikan pesan bahwa "this is my way and that is yours"

Untungnya perbedaan arah dan tujuan itu dapat disatukan dalam satu bingkai hasil potret pengalaman Traveling 1 Day Hunting Photo Banyumas - Brebes [Hungting sunset].

👉Foto-foto lainnya: Mengintip pedal sepeda butut dari balik pintu



Foto 15. Kereta Api, Pengendara Sepeda Motor sedang melintas berlawanan arah di jalan mereka masing-masing. 

Bisa menyatukan beberapa elemen dalam satu frame itu membuat hasil foto menjadi lebih berbobot. 

Jadi bagi Klepusher yang sedang dalam tahapan awal belajar fotografi, akan sangat membantu sekali bila memahami elemen-elemen dalam foto.

Apa sajakah elemen penting yang harus terpenuhi dalam sebuah karya fotografi?
  1. Line (garis)
  2. Pattern (Pola)
  3. Form (bentuk)
  4. Texture (tekstur)
  5. Color (warna)
Nah pada Foto 15 yang merupakan hasil dari Pengalaman Traveling 1 Day Hunting Photo Banyumas - Brebes merupakan salah satu contoh dari elemen garis (line) dalam fotografi.

Tak semua unsur line dalam fotografi adalah dalam bentuk rel kereta api, jalan raya ataupun pagar, aliran sungai pun bisa termasuk dalam elemen line.

Pada Foto 5, Foto 6 dan Foto 7 merupakan salah tiga dari contoh elemen line dan berikut juga ada contoh sungai lagi yang diambil dari sesi "PENGALAMAN TRAVELING 1 DAY HUNTING PHOTO BANYUMAS - BREBES"

👉Foto-foto lainnya: Telaga Renjeng Paguyangan Brebes



Foto 16. Sungai Pemali di melintasi Desa Prupuk Selatan, Kec. Margasari, Kab. Tegal.


Uniknya, Foto 16 di atas yang menggambarkan Sungai Pemali pada sore hari dikala golden hour sudah bukan termasuk dalam wilayah Kab. Brebes lagi tapi masuk ke Kec. Margasari, Kab. Tegal.

Lebih tepatnya adalah Desa Prupuk Selatan. Sebuah desa yang dilewati jalur Brebes - Purwokerto dan memiliki beberapa view pemandangan yang indah terutama landscape sawah.

Usai melintasi flyover Prupuk Selatan yang di bawahnya ada perlintasan Kereta Api dan flyover ini menjadi spot pemotretan Foto 16 di atas, sparklepush.com pun bergegas meninggalkan keindahan-keindahan yang harus dilewati demi mendapatkan View Sunset di tempat yang sudah ditentukan dari awal perjalanan Pengalam Traveling 1 Day Hunting Photo Banyumas - Brebes [hunting sunset]

👉Foto-foto lainnya: Semangat belajar anak-anak. Kelak negri ini bergantung dipundakmu.



Foto 17. Sunset [matahari terbenam] di Klonengan, Kec. Margasari Kab. Tegal.

Foto 17 adalah suasana view sunset [pemandangan matahari terbenam] yang diambil dari sudut jembatan layang atau Flyover Klonengan

Pada Flyover Klonengan terdapat jembatan sebuah sungai yang bermuara ke Sungai Pemali.

Sungai Pemali ini melintas dari Brebes Selatan - Kab. Tegal dan bermuara di Kabupaten Brebes di Desa Randusanga.

Jadi, View atau pemandangan yang didapat adalah sebuah pemandangan proses matahari terbenam di ufuk barat yang berada di Kabupaten Brebes namun titik pemotretannya berada di Sebelah barat bagian jalan Flyover Klonengan yang menuju ke Desa Songgom Kecamatan Songgom Kab. Brebes.

👉Foto-foto lainnya: Keindahan dari flyover Prupuk selatan, Kab. Tegal



Foto 12. Sunset [matahari terbenam] di Klonengan, Kec. Margasari Kab. Tegal.


Foto 13. Sunset [matahari terbenam] di Klonengan, Kec. Margasari Kab. Tegal.

Nah, dengan tampilnya 2 foto terkahir, menandakan bahwa sudah waktunya Sparklepush.com kembali ke base di Purwokerto.

Sampai jumpa di topik fotografi berikutnya

Posting Komentar

0 Komentar