Menjelajahi Kota Tua Semarang: Berburu Bangunan Bersejarah dan Kuliner Legendaris

Foto 1. Ilustrasi Menjelajahi Kota Tua Semarang: Berburu Bangunan Bersejarah dan Kuliner Legendaris

Bosan dengan liburan yang itu-itu saja? Ingin merasakan sensasi berlibur yang berbeda? Datanglah ke Kota Tua Semarang!


Jelajahi jejak sejarah di balik arsitektur megah bangunan-bangunan bersejarah seperti Lawang Sewu dan Gereja Blenduk hingga rasakan atmosfer tempo dulu yang masih kental di setiap sudut kota.

Puaskan lidah Klepusher dengan kuliner legendaris Semarang selesa yang menggoda, seperti lumpia Semarang, tahu gimbal, dan mie kocok.

Yuk, simak pembahasan menjelajahi kota tua Semarang: berburu bangunan bersejarah dan kuliner legendaris yang paling menyenangkan terbaru 2024.

Kota Tua Semarang

Liburan sekolah bersama keluarga ke berbagai tempat wisata merupakan hal yang sangat menyenangkan.

Apalagi, jika liburan sekolah bareng keluarga ke kota Semarang tentu akan menjadi sebuah pengalaman yang tak terlupakan.

Bagaimana tidak, Semarang menjadi ibukota Jawa Tengah, menyimpan pesona tersendiri dengan kekayaan sejarah dan budayanya. Salah satu daya tarik utama kota ini adalah Kota Tua Semarang, kawasan bersejarah yang menyajikan suasana jaman dahulu dengan arsitektur bangunan bersejarah dan kuliner legendaris.

Kota Tua Semarang merupakan kawasan bersejarah yang dihiasi dengan berbagai bangunan peninggalan era kolonial Belanda. Berjalan kaki di sepanjang jalan-jalan Kota Tua, Klepusher akan disuguhkan dengan pemandangan bangunan-bangunan bersejarah seperti Lawang Sewu, Gereja Blenduk, Taman Indonesia Kaya, dan Museum Kota Semarang.

Oleh karena itu, tak heran jika kota tua Semarang juga bisa dikatakan sebagai tempat wisata Sejarah.

Menjelajahi Bangunan Bersejarah di Kota Tua Semarang

Berikut ini, ada beberapa list destinasi tempat liburan yang bisa Klepusher kunjungi di saat liburan sekolah bersama keluarga maupun teman menjelajahi bangunan bersejarah di kota Semarang.

Lawang Sewu

Tempat wisata di Semarang pertama yang bisa Klepusher kunjungi yaitu lawang sewu. 

Menjelajahi bangunan bersejarah di kota tua semarang ini memiliki gaya arsitektur bangunannya sangat megah dan unik.

Lawang Sewu Semarang
Foto 2. Lawang Sewu Semarang. Dokumentasi Sparklepush.com



Dimana, bangunan ini dulunya berfungsi sebagai kantor pusat Nederlands Indische Spoorweg Maatschappij (NIS), perusahaan kereta api Hindia Belanda. Disamping itu, bangunan Lawang Sewu menyimpan cerita dan legenda yang menarik untuk ditelusuri. 

Konon, arwah-arwah masa lampau masih berkeliaran di lorong-lorongnya, meninggalkan jejak misteri yang memikat para pengunjung.

Namun, Kini, Lawang Sewu tak hanya menjadi saksi bisu sejarah, tetapi juga menjelma menjadi ikon destinasi wisata Kota Semarang paling popular. Klepusher bisa menjelajahi berbagai ruangan, seperti museum yang menyimpan koleksi benda-benda bersejarah.

Di malam hari, Lawang Sewu menjelma menjadi primadona dengan pesonanya yang magis, dihiasi lampu-lampu yang menerangi arsitekturnya yang menakjubkan.


Gereja Blenduk

Jika Klepusher sedang liburan di kota Semarang bersama keluarga jangan lupa menjelajahi bangunan bersejarah di kota Semarang yaitu Gereja Blenduk.

Gereja Blenduk Semarang
Foto 3. Gereja Blenduk Semarang. unsplash.com/@awan_project

Ini merupakan salah satu gereja tertua di Semarang yang dibangunan pada tahun 1742 dengan bentuk gaya arsitektur yang khas memadukan antara gaya eropa dan jawa sehingga menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Disamping itu, Gereja Blenduk juga menyimpan nilai sejarah dan kaya akan budaya. Dimana, bentuk arsitektur bangunannya yang bergaya Neo Klasik Eropa mencerminkan pengaruh budaya Belanda di masa lampau. 

Di dalam gereja, terdapat berbagai ornamen dan benda bersejarah yang menarik untuk ditelusuri, seperti organ pipa kuno yang masih berfungsi dengan baik hingga sampai sekarang.

Taman Indonesia Kaya

Mungkin bagi Klepusher yang tinggal di kota Semarang sudah pastinya mengenal tempat wisata Taman Indonesia Kaya.

Foto 4. Taman Indonesia Kaya, Semarang. indonesiakaya.com

Akan tetapi bagi orang yang tinggal diluar kota Semarang masih banyak yang belum tahu tentang Taman Indonesia Raya

Ini merupakan taman tematik yang menampilkan berbagai budaya dan tradisi Indonesia yang terletak di depan Gereja Blenduk. Di sini, Klepusher dapat mempelajari sejarah dan budaya Indonesia melalui berbagai instalasi seni dan pertunjukan budaya yang sangat menarik.

Disamping itu, taman Indonesia kaya juga menyediakan berbagai macam fasilitas yang lengkap, seperti panggung seni terbuka, taman bermain anak, dan area jogging. Sehingga, wisatawan yang berkunjung bisa melakukan berbagai macam aktivitas mulai berolahraga, bersantai, ataupun menonton pertunjukan seni di taman ini.

Oleh karena itu Taman Indonesia Kaya menjadi tempat wisata di Semarang yang ideal bagi keluarga untuk menghabiskan waktu bersama anak-anak

Baca Juga: 

Museum Kota Semarang

Menjelajahi bangunan bersejarah di Kota Tua Semarang saat liburan keluarga yang bisa dikunjungi yaitu Museum Kota Semarang.


Lokasi museum ini terletak di Jalan Cendrawasih No 1 A, Purwodinatan, Semarang Tengah, yang didirikan di atas bekas air mancur Bundaran Bubakan dan diresmikan pada Februari 2022 dan menyimpan berbagai koleksi benda bersejarah yang menceritakan tentang sejarah Kota Semarang.
Tourist dan Traveler akan disuguhkan dengan berbagai pameran menarik yang memamerkan koleksi benda-benda bersejarah, mulai dari masa pra-kolonial hingga era modern. Koleksi-koleksi ini menceritakan tentang asal-usul Kota Semarang, perkembangannya dari waktu ke waktu, serta peran pentingnya dalam sejarah Indonesia.

Menikmati Kuliner Legendaris Kota Semarang

Selain bangunan bersejarah, Kota Tua Semarang juga terkenal dengan kuliner legendarisnya. Berbagai hidangan khas Semarang dapat Anda temukan di sini. Sebagai berikut, makanan kuliner legendaris kota Semarang yang bisa Klepusher coba, diantaranya;

  • Lumpia Semarang
Foto 5. Kuliner khas Kota Semarang - Lumpia. unsplash.com/@budi_puspa_wijaya

Makanan kuliner legendaris kota Semarang yang bisa Klepusher wajib coba yaitu lumpia Semarang
. Yang mana, lumpia ini berisi telur dan rebung menjadi salah satu hidangan rekomendasi kuliner di kota kota Semarang yang menyediakan berbagai macam jenis lumpia, mulai dari yang basah, goreng, kering, hingga goreng rebung yang renyah.

  • Tahu gimbal
Selain lumpia, makanan kuliner legendaris kota Semarangan yang bisa Klepusher nikmati saat sedang liburan di kota tua Semarang ini yaitu tahu gimbal. 


Dimana, tahu kuliner ini terbuat dari irisan tahu goreng, lontong, bakwan, bumbu kacang yang pedas dan gurih, sehingga menjadi hidangan yang sangat lezat dan mengenyangkan perut.
  • Mie Kocok
Menikmati kuliner legendaris kota Semarang yang lainnya dapat Klepusher nikmati setelah liburan di kota tua Semarang yaitu mie kocok. 

Foto 6. Kuliner khas Kota Semarang, Mie Kocok. upload.wikimedia.org

Mungkin bagi Klepusher yang sering traveling mengunjungi kota Semarang, pasti pernah mencicipi mie kocok ini yang menjadi hidangan sangat lezat dan nikmat karena bahannya yaitu kuah kaldu sapi dan dan mie kuning yang kenyal

Posting Komentar

0 Komentar