Biar Liburanmu Berkesan: Ini Rekomendasinya, Kota Semarang Hunting Foto dan Kuliner

Foto 1. Kota Lama Semarang. unsplash.com/@awan_project

Jelajahi keindahan Kota Lama Semarang dengan menikmati bangunan bersejarah dan kuliner legendaris yang tak terlupakan.


Bosan dengan liburan yang itu-itu saja? Coba rasakan sensasi berlibur yang berbeda? Datanglah ke Kota Lama Semarang!

Jelajahi jejak sejarah di balik arsitektur megah bangunan-bangunan bersejarah seperti Lawang Sewu dan Gereja Blenduk hingga rasakan atmosfer tempo dulu yang masih kental di setiap sudut kota. Puaskan lidah Anda dengan kuliner legendaris Semarang selera yang menggoda, seperti lumpia Semarang, tahu gimbal, dan mie kocok.

Nah, biar liburanmu lebih berkesan, Sparklepush.com kasih rekomendasi liburan terbaru 2024: Kota Lama Semarang, Tempat yang asyik nan fotogenik buat hunting dan berburu lezatnya kuliner khas Semarang.

Kota Lama Semarang

Liburan sekolah bersama keluarga ke tempat berbagai objek wisata merupakan hal yang sangat menyenangkan. 

Apalagi, jika liburan sekolah bareng keluarga ke kota Semarang tentu akan menjadi sebuah pengalaman yang tak terlupakan.

Bagaimana tidak, Semarang menjadi salah satu ibukota Jawa Tengah, menyimpan pesona tersendiri dengan kekayaan sejarah dan budayanya

Salah satu daya tarik utama kota ini adalah Kota Lama Semarang, kawasan bersejarah yang menciptakan suasana jaman dahulu dengan arsitektur bangunan bersejarah dan kuliner legendaris.

Kota Lama Semarang merupakan kawasan bersejarah yang dihiasi dengan berbagai bangunan peninggalan era kolonial Belanda.

Berjalan kaki di sepanjang jalan-jalan Kota Lama, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan bangunan-bangunan bersejarah seperti Lawang Sewu, Gereja Blenduk, Taman Indonesia Kaya, dan Museum Kota Semarang.

Oleh karena itu, tak heran jika kota Lama semarang juga bisa dikatakan sebagai tempat wisata Sejarah yang wajib dilestarikan dan dirawat dengan baik supaya dapat dilanjutkan oleh generasi selanjutnya. Lantas, kemana yang harus saya eksplore disaat liburan di kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia ini?

Menjelajahi Bangunan Bersejarah di Kota Lama Semarang

Berikut ini, ada beberapa contoh tour travel tempat liburan wisata yang bisa kamu kunjungi di saat liburan sekolah bersama keluarga maupun teman menjelajahi bangunan bersejarah di kota Lama Semarang, diantaranya:

Gereja Blenduk

Jika kamu sedang liburan di kota Semarang bersama keluarga jangan lupa menjelajahi bangunan bersejarah di kota Semarang yaitu Gereja Blenduk.

Ini merupakan salah satu gereja tertua di Semarang yang dibangunan pada tahun 1742 dengan bentuk gaya arsitektur yang khas memadukan antara gaya eropa dan jawa sehingga menjadi daya tarik bagi pengunjung. 

Foto 2. Gereja Blenduk di Kawasan Kota Lama Semarang. unsplash.com/@awan_project

Disamping itu, gereja blenduk juga menyimpan nilai sejarah dan kaya akan budaya. Dimana, bentuk arsitektur bangunannya yang bergaya Neo Klasik Eropa mencerminkan pengaruh budaya Belanda di masa lampau.

Di dalam gereja, terdapat berbagai ornamen dan benda bersejarah yang menarik untuk ditelusuri, seperti organ pipa kuno yang masih berfungsi dengan baik hingga sampai sekarang.

Taman Indonesia Kaya

Mungkin bagi kamu yang tidak di kota Semarang sudah pastinya mengenal tempat ini. Akan tetapi bagi orang yang tinggal diluar kota Semarang masih banyak yang belum tahu tentang taman Indonesia raya.

Foto 3. Taman Indonesia Kaya. indonesiakaya.com

Ini merupakan taman tematik yang menampilkan berbagai budaya dan tradisi Indonesia yang terletak di depan Gereja Blenduk.

Di sini, kamu dapat mempelajari sejarah dan budaya Indonesia melalui berbagai instalasi seni dan pertunjukan budaya yang sangat menarik.

Disamping itu, taman Indonesia kaya juga menyediakan berbagai macam fasilitas yang lengkap, seperti panggung seni terbuka, taman bermain anak, dan area jogging.

Sehingga, pengunjung bisa melakukan berbagai macam aktivitas mulai berolahraga, bersantai, ataupun menonton pertunjukan seni di taman ini.

Oleh karena itu Taman Indonesia Kaya menjadi tempat objek wisata di Semarang yang ideal bagi keluarga untuk menghabiskan waktu bersama anak-anak.

Museum Kota Semarang

Menjelajahi bangunan bersejarah di Kota Lama Semarang saat liburan keluarga yang bisa dikunjungi yaitu museum kota Semarang.

Foto 4. Museum Kota Lama Semarang. pariwisata.semarangkota.go.id

Lokasi museum ini terletak di Jalan Cendrawasih No 1 A, Purwodinatan, Semarang Tengah, yang didirikan di atas bekas air mancur Bundaran Bubakan dan diresmikan pada Februari 2022 dan menyimpan berbagai koleksi benda bersejarah yang menceritakan tentang sejarah Kota Semarang.

Pengunjung akan disuguhkan dengan berbagai pameran menarik yang memamerkan koleksi benda-benda bersejarah, mulai dari masa pra-kolonial hingga era modern.

Koleksi-koleksi ini menceritakan tentang asal-usul Kota Semarang, perkembangannya dari waktu ke waktu, serta peran pentingnya dalam sejarah Indonesia.

Menikmati Kuliner Legendaris Kota Semarang

Selain bangunan bersejarah, Kota Lama Semarang juga terkenal dengan kuliner legendarisnya. Berbagai hidangan khas Semarang dapat Anda temukan di sini. Sebagai berikut, makanan kuliner legendaris kota Semarang yang bisa kamu coba, diantaranya;

Lumpia Semarang

Foto 5. Lumpia. unsplash.com/@budi_puspa_wijaya

Makanan kuliner legendaris kota Semarang yang bisa kamu wajib coba yaitu lumpia Semarang. Yang mana, lumpia ini berisi telur dan rebung menjadi salah satu hidangan rekomendasi kuliner di kota kuta Semarang yang menyediakan berbagai macam jenis lumpia, mulai dari yang basah, goreng, kering, hingga goreng rebung yang renyah.

Tahu gimbal

Selain lumpia, makanan kuliner legendaris kota Semarang yang bisa kamu nikmati saat sedang liburan di Kota Lama Semarang ini yaitu tahu gimbal. Dimana, tahu kuliner ini terbuat dari irisan tahu goreng, lontong, bakwan, bumbu kacang yang pedas dan gurih, sehingga menjadi hidangan yang sangat lezat dan mengenyangkan perut.

Mie Kocok

Foto 7. Kuliner khas Kota Semarang, Mie Kocok. upload.wikimedia.org

Berburu makanan legendaris di Kota Lama Semarang yang wajib kamu coba yaitu Mie Kocok. Mungkin bagi para traveling yang pernah jalan-jalan di kota Semarang saat liburan keluarga, pasti mengetahui tempat jual makanan legendaris ini. Dimana, mie kocok ini menjadi salah satu hidangan khas Semarang yang memiliki rasa nikmat dan lezat dengan bahan kuah kaldu sapi dan mie kuning.

Itu ya, Rekomendasi destinasi wisata versi sparklepush.com biar liburanmu nggak monoton, berkesan dan wawasan sejarah tentang Kota Lama Semarang sambil hunting foto dan berburu kuliner.

Semoga bermanfaat

Posting Komentar

0 Komentar