Wukuf di Arafah Jatuh pada Tanggal Berapa di Tahun 2024? Tanggal, Waktu dan Panduannya

Ilustrasi Wukuf 2024

Bagi para calon jemaah haji, Wukuf di Arafah menjadi salah satu momen yang paling dinanti. Di momen inilah, seluruh jemaah haji berkumpul di Padang Arafah untuk memohon ampunan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.


Dalam kesempatan kali ini Sparklepush.com akan mengupas tentang wukuf di Arafah jatuh pada tanggal berapa di tahun 2024? Tanggal, waktu dan panduannya yang patut diketahui.

Wukuf di Arafah

Wukuf di Arafah merupakan salah satu rukun dan wajib haji yang harus dilaksanakan oleh seluruh umat Islam yang mampu finansial, fisik dan sebagainya. Pelaksanaan ibadah wukuf menjadi momen sebagai puncak dari rangkaian ibadah haji, di mana jemaah haji akan merasakan atmosfer spiritual yang luar biasa.

Lebih dari sekadar ibadah, Wukuf merupakan momen penting bagi Jemaah haji untuk introspeksi diri, memohon ampunan atas segala dosa-dosa yang telah diperbuat dan meningkatkan keimanan serta ketaqwaan kepada Allah SWT. Di bawah terik matahari yang begitu menyengat, jemaah haji akan berkumpul secara bersama-sama tanpa memandang status sosial, ras, maupun kebangsaan.

Selain itu, rangkaian ibadah Wukuf juga menjadi rasa syukur pada Allah SWT atas panggilannya untuk bisa beribadah menunaikan rukun islam yang ke 5 dan menjagi bagian memperkuat persaudaraan sesama Muslim. Di sini, jemaah haji saling membantu dan menguatkan dan menjalankan rangkaian ibadah haji yang tak terlupakan.

Tanggal dan Waktu Wukuf di Arafah 2024

Berikut ini, informasi lengkap mengenai tanggal dan waktu Wukuf di Arafah 2024, menurut Kementerian Agama Republik Indonesia dan Muhammadiyah, pelaksanaan haji untuk rangkaian ibadah Wukuf di Arafah jatuh pada tanggal 9 Dzulhijjah 1445 H, bertepatan dengan hari Ahad, 16 Juni 2024. 

Oleh sebab itu, Jamaah haji harus mempersiapkan diri dari segi fisik untuk bisa mengerjakan Wukuf sebagai rukun wajib haji agar sah ibadah hajinya dan semoga menjadi haji mabrur.

Makna tentang pelaksanaan ibadah Wukuf di Arafah, yaitu:

  • Pengakuan Dosa dan Mohon Ampunan: Jemaah haji selalu ingat tentang diri sebagai hamba yang penuh dengan banyak dosa, hingga memohon ampunan dan rahmat dari Allah SWT.
  • Penyerahan Diri Penuh: Wukuf melambangkan penyerahan diri secara total kepada Allah SWT, mengakui kebesaran dan keagungan-Nya.
  • Kesetaraan dan Persaudaraan: Di Padang Arafah, semua jemaah haji akan menjalin tali silaturahmi dengan umat muslim diseluruh dunia tanpa memandang status sosial, ras, maupun kebangsaan, untuk menciptakan rasa persaudaraan yang erat.
  • Momen Introspeksi Diri: Menjalankan ibadah Wukuf juga bisa menjadi waktu yang tepat bagi umat muslim untuk merenungkan perjalanan hidup, menakar amal perbuatan, dan merencanakan masa depan yang lebih baik.
  • Penyucian Jiwa dan Peningkatan Keimanan: Pengalaman Wukuf diharapkan mampu mensucikan jiwa, meningkatkan keimanan, dan memperkuat tekad untuk menjadi Muslim yang lebih taat.
Perbedaan tanggal Wukuf di Arafah bisa terjadi karena adanya perbedaan dalam metode penentuan awal bulan Dzulhijjah. Oleh karena itu, Jemaah haji bisa menunggu kapan waktu pelaksanaan ibadah Wukuf di Arafah ini sesuai keputusan dari pemerintah Arab Saudi dan Kementrian Republik Indonesia.

Sedangkan, awal waktu pelaksanaan ibadah Wukuf di Arafah ini dilakukan pada saat terbit matahari tepat tanggal 9 Dzulhijjah. Kemudian, akhir waktu Wukuf yang berakhir pada tanggal 10 Dzulhijjah (dari raya idul adha) setelah terbit fajar.

Tata Cara Pelaksanaan Wukuf di Arafah

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika sudah memasuki masa puncak ibadah haji yang harus dilakukan oleh Jemaah haji.

Berikut ini, tata cara pelaksanaan wukuf di Arafah 2024, yaitu:

Niat Wukuf dan Berkumpul di Arafah

Tata cara pelaksanaan Wukuf di Arafah yang pertama adalah niat wukuf dan berkumpul di Afarah. Yang mana, para Jamaah haji akan berangkat menuju padang arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah tepat ketika sudah menyelesaikan shalat Subuh di Mina. Oleh sebab itu, jamaah haji bisa membaca doa niat wukuf sebelum tiba berkumpul di Arafah tepat sebelum waktu dzuhur.

Shalat Zuhur dan Ashar

Tata cara pelaksanaan Wukuf di Arafah ketika sudah di padang Arafah yaitu menunaikan ibadah sholat Dzuhur dan Ashar. Melansir dari berbagai sumber menyatakan bahwa untuk jamaah yang sedang berada melaksanakan rangkaian ibadah Wukuf, bisa mengerjakan shalat dhuhur dan Ashar diqashar (dijamak dan dipendekkan).

Doa Wukuf

Setelah berkumpul, tata cara pelaksanaan Wukuf di Arafah dilanjutkan membaca doa Wukuf. Jamaah haji 2024, bisa membaca doa sekemampuan untuk untuk memohon ampunan dan rahmat dari Allah SWT. Adapun, doa selama menjalankan ibadah Wukuf yang bisa dibacakan, “La ilaha illallahu wahdahu la syarikalah. Lahul mulku walahul hamdu wa hua ala kulli syai’in qadir. Allahummaj‘al fi sam‘I nuru, wa fi bashari nura, wa fi qalbi nura. Allahummasyrah li shadri, wa yassir li amri. Allahumma inni a‘udzu bika min wasawisis shadri, wa min saayi’atil umur, wa min adzabil qabri. Allâhumma inni a‘udzu bika min syarri ma yaliju fil lail, wa syarri ma yaliju fin nahar, wa syarri ma tahubbu bihir rahu, wa syarri bawa’iqid dahri”.

Perbanyak Istighfar dan Dzikir

Adapun, tata cara pelaksanaan Wukuf di Arafah selain membaca doa, yaitu memperbanyak amala-amalan lainnya seperti membaca istigrafar dan dzikir. Jamaah haji bisa mengamalkan bacaan dzikir dan istigfar untuk memohon ampunan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Menyimak Ceramah

Tata cara pelaksanaan Wukuf di Arafah yang selanjutnya menyimak ceramah. Pada waktu ibadah Wukuf ini, terdapat waktu khutbah atau ceramah yang disampaikan oleh pembimbing haji ataupun ustadz. Maka jamaah haji dianjurkan untuk menyimak ceramah dengan baik dikarenakan terdapat beberapa poin yang akan disampaikannya.

Masih banyak lagi amalan-amalan yang bisa dikerjakan oleh jamaah selama berada di padang arafah tepat waktu Wukuf. Setelah selesai Wukuf, jamaah haji akan beranjak dari Arafah menuju Muzdalifah untuk melaksanakan ibadah selanjutnya.

Nah, itulah pembahasan wukuf di Arafah jatuh pada tanggal berapa di tahun 2024? Tanggal, waktu dan panduannya versi Sparklepush.com, semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar