Menjelajahi Jejak Sejarah di Kota Tua Jakarta: Berwisata Edukasi dan Penuh Pesona

Foto 1. Ilustrasi Pesona Jejak Sejarah Kota Tua Jakarta. unsplash.com/@mhdfadly_10

Mencari tempat wisata edukasi di Jakarta kini sangat mudah ditemukan. Banyak sekali objek tempat wisata di Jakarta yang bisa Klepusher kunjungi untuk memanfaatkan waktu liburan sekolah ataupun weekend bersama teman maupun keluarga.

Salah satu destinasi liburan keluarga di Jakarta yang paling menyenangkan yaitu menjelajahi jejak Sejarah di Kota Tua Jakarta: berwisata edukasi dan penuh pesona yang lebih mengesankan pilihan terbaik tahun 2024.


Baca Juga: Mendaki Gunung Merbabu: Tantangan Menuju Puncak dan Pemandangan yang Memukau

Kota Tua Jakarta

Jakarta bukan hanya sebagai ibukota Indonesia melainkan kota mega metropolitan modern yang memiliki kekayaan Sejarah yang sangat mengesankan di kawasan wisata kota tua Jakarta.

Berjalan kaki diantara bangungan-bangunan bersejarah di Kota Tua Jakarta peninggalan Belanda, bagaikan menelusuri lorong waktu dan merasakan atmosfer masa jaman dahulu.

Tak terlepas dari Sejarah kota Tua Jakarta yang juga dikenal sebagai Oud Batavia atau Batavia Lama, menyimpan jejak sejarah yang panjang dan menjadikan salah satu landmark ikonik di Indonesia

Perjalanan Sejarah Kota Tua ini dimulai dari abad ke-16 yang menjadi saksi bisu pergantian zaman dan peradaban Ibukota Jakarta.

Kota Tua saat ini menjadi salah satu destinasi tempat wisata di Jakarta paling favorit. Dimana, Klepusher bisa melakukan berbagai macam kegiatan di Kota Tua Jakarta pada saat liburan keluarga seperti mengunjungi bangunan museum, galeri seni, kafe dan restaurant

Selain itu, ada banyak tempat -tempat yang bisa dijadikan sebagai wisata instagramable di Jakarta dapat dikunjungi museum Fatahillah, taman Fatahillah, Pelabuhan sunda kelapa, jembatan intan dan café Batavia.

Dengan banyaknya moment spot foto instagramable di Kota Tua Jakarta membuat liburan anda dan keluarga lebih mengesankan dan tak terlupakan. 

Apalagi, Kota Tua juga bisa jadikan sebagai tempat wisata edukasi untuk anak di Kota Tua Jakarta yang wajib dipelajari tentang belajar sejarah di Kota Tua Jakarta ini.

Disamping itu, kita juga harus melestarikan wisata budaya di Jakarta supaya tidak punah dan menjadi warisan.

Disamping itu, melestarikan wisata budaya di Jakarta tentu harus dirawat dan dijaga dengan baik karena Kota Tua sebagai warisan budaya bangsa bagi kita semua.

Oleh karena itu, tak salahnya kita bisa menyempatkan waktu mengunjungi kota tua di Jakarta pada musim liburan sekolah.

Menjelajahi Jejak Sejarah Museum-Museum di Kota Tua Jakarta

Ada beberapa aktivitas yang bisa Klepusher lakukan saat liburan keluarga di Jakarta. Berikut ini, adalah menjelajahi jejak Sejarah museum-museum di kota tua Jakarta, yaitu:

Museum Fatahillah

Museum di kota tua Jakarta pertama yang bisa Klepusher kunjungi yaitu museum Fatahillah.

Ini adalah salah satu bangunan museum yang menyimpan koleksi benda-benda bersejarah menceritakan kisah Jakarta dari masa pra-kolonial hingga kemerdekaan.

Didalam museum ini, Klepusher bisa eksplore ke berbagai ruangan yang menyimpan jejak perjuangan para pahlawan bangsa.

Museum Bank Indonesia

Selain museum Fatahillah, bangunan museum di kota tua Jakarta bersejarah yang selanjutnya museum bank Indonesia.

Mengunjungi museum bank Indonesia menjadi hal penting bagi anak sekolah sebagai pengalaman wisata edukasi yang menarik dan informatif.

Di museum ini, Klepusher dapat belajar tentang sejarah perkembangan sistem keuangan dan perbankan di Indonesia, serta melihat benda-benda bersejarah yang terkait dengan bidang tersebut.

Selain itu, museum ini juga menawarkan berbagai fasilitas menarik lainnya, seperti ruang theater mini, perpustakaan, dan ruang workshop.

Museum Wayang

Bagi Klepusher yang suka dengan seni budaya, museum wayang sangat cocok dijadikan sebagai tempat wisata budaya di Jakarta.

Pasalnya, museum di kota tua Jakarta ini menyimpan berbagai macam jenis wayang di seluruh Indonesia mulai dari wayang kulit hingga wayang golek.

Setiap wayang memiliki cerita dan filosofi tersendiri, mencerminkan kekayaan budaya dan tradisi masyarakat Indonesia yang turun-temurun untuk dilestarikan.

Selain itu, Klepusher juga dapat menikmati pertunjukan seni di Kota Tua Jakarta ini saat liburan sekola.

Menjelajahi Bangunan Bersejarah dan Menikmati Suasana Kota Tua Jakarta

Adapun tempat wisata alam maupun kuliner di kota tua Jakarta yang bisa anda kunjungi, yaitu:

Pelabuhan Sunda Kelapa

Pelabuhan Sunda Kelapa adalah sebuah pelabuhan bersejarah yang terletak di Jakarta Utara, Indonesia

Pelabuhan Sunda Kelapa menjadi pusat perdagangan rempah-rempah dan komoditas lainnya, dan menjadi peran penting dalam perkembangan ekonomi dan politik Indonesia. 

Menikmati suasana kota tua Jakarta menjadi pengalaman yang sangat berharga selama liburan bareng keluarga disaat musim libur sekolah.

Taman Fatahillah

Taman Fatahillah adalah salah satu tempat wisata kota tua Jakarta yang dikelilingi bangunan-bangunan bersejarah seperti Museum Fatahillah dan Gereja Sion. 

Taman ini menjadi tempat yang sempurna untuk melepas lelah dan menikmati suasana Kota Tua yang tenang.

Cafe dan Restoran

Menjelajahi wisata kuliner di Kota Tua Jakarta tak lengkap rasanya tanpa mencicipi kuliner khasnya

Oleh karena itu, ketika Klepusher sedang liburan di jakarta bisa mengunjungi cafe dan restoran di sepanjang jalan dengan menikmati hidangan yang lezat sambil ditemani alunan musik dan pertunjukan seni jalanan.

Baca Juga: Menjelajahi Pantai Tersembunyi di Lombok: Liburan Tropis yang Penuh Keindahan

Cara Mengunjungi Kota Tua Jakarta

Berikut ini ada beberapa tips cara mengunjungi kota tua Jakarta saat liburan sekolah bersama keluarga:
  • Kunjungi Kota Tua di pagi hari atau sore hari untuk menghindari panas terik matahari.
  • Menjelajahi kota tua sangat mudah dijangkau dengan menggunakan transportasi umum seperti TransJakarta, Kopaja, dan ojek online.
  • Gunakan pakaian yang nyaman dan alas kaki yang kuat untuk berjalan kaki.
  • Bawalah uang tunai untuk kebutuhan biaya yang harus dikeluarkan pada saat belanja makanan di restaurant, café dan sebagainya.
  • Jagalah kebersihan dan patuhi peraturan yang berlaku di kawasan Kota Tua.
Itulah list tempat wisata di Jakarta, khususnya Kota Tua, yang bisa Klepusher jadikan destinasi wisata saat libur Panjang bukan cuma liburan sekolah saja.

Gimana? Siap liburan menyenangkan di Kota Tua Jakarta!?

Share pengalaman jalan-jalannya di kolom komentar ya!

Posting Komentar

0 Komentar