Taman Nasional Bunaken: Destinasi Wisata Snorkeling. Menyelami Keindahan Bawah Laut yang Memukau



Jelajahi berbagai spot snorkeling di taman nasional Bunaken yang menarik, temukan terumbu karang yang berwarna-warni, dan berenang bersama ikan-ikan tropis yang indah. 

Rasakan sensasi snorkeling di air laut yang jernih dan nikmati keanekaragaman hayati laut yang menakjubkan.


Masih bingung mau liburan sekolah kemana?

Atau Klepusher ingin liburan ke tempat wisata di Manado?

Nah, bagi kamu yang sudah merencanakan liburan sekolah bersama keluarga ke kota Manado sambil melakukan kegiatan aktivitas snorkeling, kamu wajib coba kunjungi wisata taman nasional Bunaken.

Penasaran? Yuk, simak pembahasan snorkeling di Taman Nasional Bunaken: menyelami keindahan bawah laut yang memukau pilihan terbaik menjadi rekomendasi terbaru 2024.

👀Baca Juga: Backpacking Ke Gunung Rinjani: Menaklukkan Puncak dan Menikmati Pemandangan Menakjubkan


Snorkeling di Taman Nasional Bunaken

Snorkeling di Taman Nasional Bunaken menjadi salah satu kegiatan aktivitas paling menarik pada saat musim liburan. 

Taman Nasiona Bunaken menjadi salah satu tempat objek wisata alam yang terletak di Manado, Sulawesi Utara.

Dimana, Tanaman Nasional ini merupakan surga bagi para pecinta alam bawah laut yang dikenal sebagai salah satu taman laut terindah di dunia dengan menawarkan panorama keindahan bawah laut dan keanekaragaman hayati yang sangat menakjubkan.

Kamu akan melihat keindahan 350 spesies terumbu karang dan 1.500 spesies ikan secara langsung dengan air laut yang jernih sebagai rumah bagi berbagai biota laut pada saat melakukan snorkeling sampai ke bawah laut.

Walaupun sebenarnya, di taman Nasional Bunaken ini terdapat lima pulau yang bisa kamu jelajahi, seperti Bunaken, Manado Tua, Mantehage, Naen dan Siladen menawarkan berbagai spot snorkeling dan diving yang menarik.

Setiap lima pulau di Taman Nasional Bunaken ini memiliki keistimewaan dan keindahan masing-masing seperti bunaken island terkenal dengan terumbu karangnya yang indah dan berbagai jenis ikan. 

Sedangkan Manado Tua memiliki gua bawah laut yang menarik, Siladen Island terkenal dengan pantainya yang indah, dan Likupang menawarkan spot snorkeling dan diving yang masih alami.

Taman Nasional Bunaken bukan hanya destinasi wisata bahari yang indah, tetapi juga salah satu cagar alam bawah laut yang harus dilindungi.

Dengan melakukan aktivitas snorkeling atau diving di Bunaken, Klepusher turut berkontribusi dalam pelestarian alam bawah laut yang indah ini.

Baca juga: 


Keindahan Snorkeling di Taman Nasional Bunaken

Berikut ini adalah beberapa keindahan snorkeling di Taman Nasional Bunaken yang menakjubkan:


Keanekaragaman Hayati


Keindahan snorkeling di Taman Nasional Bunaken memiliki keanekaragaman hayati laut yang luar biasa. Di sini, kamu dapat menemukan lebih dari 350 spesies terumbu karang, 1.500 spesies ikan, dan 40 spesies mamalia laut yang sangat terpesona.

Keindahan bawah laut Bunaken tentu sangatlah tak tertandingi. Bagaimana tidak, pemandangan terumbu karangnya yang berwarna-warni dan dihuni oleh berbagai jenis ikan yang berenang bebas bagaikan lukisan alam sangat menakjubkan.

Selain itu, tersedia berbagai jenis ikan lainnya yang tak kalah menariknya seperti hiu karang, ikan kupu-kupu dan sebagainya.

Terumbu Karang yang Berwarna-warni

Selain keanekaragaman hayati, keindahan snorkeling di Taman Nasional Bunaken yang sangat indah dan menarik yaitu melihat terumbu karang yang berwarna warni bagaikan lukisan alam yang sangat menakjubkan.

Mungkin Klepusher bisa bayangkan ketika melakukan snorkeling di taman nasional ini yang dikelilingi oleh terumbu karang indah dengan berbagai warna memukau mulai dari warna merah ceria, biru langit, kuning keemasan hingga ungu lavender.

Keindahan terumbu karang Bunaken bukan hanya memanjakan mata, tetapi juga berperan penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem laut. 

Terumbu karang merupakan habitat bagi berbagai jenis ikan, udang, kepiting, dan biota laut lainnya. Terumbu karang juga membantu melindungi garis pantai dari abrasi dan gelombang laut.

👉Baca Juga: Menjelajahi Jejak Sejarah di Kota Tua Jakarta: Berwisata Edukasi dan Penuh Pesona


Kejernihan Air yang Menakjubkan

Adapun, keindahan snorkeling di Taman Nasiona Bunaken yang menjadi daya tarik bagi wisatawan yaitu kejernihan air yang menakjubkan.

Dengan visibilitas bawah laut hingga mencapai 30 meter dan Cahaya matahari yang menembus air laut, Klepusher akan melihat secara langsung keindahan terumbu karang berkilauan dan biota laut warna warni dengan jelas pada saat menyelam atau berenang.

Hal ini tentu akan menjadi sebuah pengalaman yang sangat mengesankan dan tak terlupakan.

Kejernihan air di Taman Nasional Bunaken ini memang letaknya jauh dari darat sehingga terhindar dari pencemaran air laut yang berasal dari aktivitas manusia.

Selain itu, dengan arus laut yang sangat besar di Bunaken ini dapat membantu membersihkan air laut dari kotoran dan sedimen. Kemudian, dengan adanya terumbu karang di Bunaken ini juga dapat membantu menyaring air laut, sehingga membuat air terlihat lebih jernih.

Berbagai Spot Snorkeling yang Menarik

Keindahan snorkeling di Taman Nasional Bunaken yang paling menakjubkan adalah terdapat berbagai spot snorkeling yang menarik. Dimana, taman nasional ini memiliki banyak spot snorkeling menarik yang dapat dijelajahi oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Apalagi, Bunaken ini menjadi salah satu destinasi snorkeling terpopuler di Indonesia, bahkan di dunia.

Nah, bagi Klepusher yang ingin melakukan kegiatan snorkeling di Taman Nasional Bunaken, ada beberapa tempat spot snorkeling yang bisa kamu kunjungi, diantaranya:
  • Bunaken Island: Spot snorkeling menawarkan terumbu karang yang indah dan berbagai jenis ikan.
  • Siladen Island: Terkenal dengan pantainya yang indah dan spot snorkeling yang masih alami.
  • Manado Tua: Memiliki gua bawah laut yang menarik dan tebing karang yang curam.
  • Likupang: Spot snorkeling dengan terumbu karang yang masih terjaga dan biota laut yang beragam.
  • Naen Island: Cocok untuk pemula karena memiliki arus laut yang tenang dan terumbu karang yang
Selain spot-spot di atas, masih banyak lagi spot snorkeling menarik di Taman Nasional Bunaken yang bisa kamu pilih sesuai  keinginan.

Kemudahan Akses

Keindahan snorkeling di Taman Nasional Bukenan paling umum yaitu akses jalannya sangat mudah dari Manado. Jika kamu berencana mau liburan ke kota Manado terutama ingin berlibur ke tempat wisata taman nasional Bunaken, maka kamu bisa menggunakan transportasi umum maupun pribadi baik bus, taksi maupun sewa mobil.

Nah, itulah pembahasan snorkeling di Taman Nasional Bunaken: menyelami keindahan bawah laut yang memukau dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

👉Baca Selanjutnya: Nama-nama Pantai Tersembunyi di Bali Ini Ciptakan Liburanmu Jadi Unforgettable Moment


Posting Komentar

0 Komentar