Jenis-Jenis Investasi Jangka Panjang yang Menguntungkan Untuk Pemula

Jenis-Jenis Investasi Jangka Panjang yang Menguntungkan Untuk Pemula. unsplash.com/@zvandrei


Pelajari berbagai jenis investasi jangka panjang yang menguntungkan dan temukan strategi yang tepat untuk memulai perjalanan Anda menuju masa depan finansial yang terjamin, khusus untuk pemula!


Membangun keuangan yang stabil demi masa depan merupakan salah satu prinsip yang dilakukan oleh semua orang.

Dimana, dalam melakukan investasi menjadi salah satu solusi terbaik paling utama dalam mencapai tujuan tersebut.

Maka dari itu, bagi Klepusher yang baru terjun di dunia investasi, pilihlah jenis investasi yang tepat untuk mendapatkan keuntungan dengan baik.

Nah, kali ini Sparklepush.com akan mengupas beberapa jenis investasi jangka panjang yang menguntungkan untuk pemula yang harus diketahui sebagai bahan pertimbangan terbaru 2024.

Baca Juga: 10 Reksadana Terbaik 2024: Pilihan Tepat untuk Raih Keuntungan Maksimal


Investasi Jangka Panjang

Di era jaman modern ini, mengatur atau mengelola keuangan dengan baik menjadi hal penting yang harus kita lakukan. 

Pasalnya, biaya kebutuhan yang semakin besar tentu membuat kita harus siapkan keuangan yang akan dikeluarkannya.

Oleh karena itu, dengan mengikuti investasi jangka panjang dapat membantu untuk meningkatkan jumlah keuangan agar lebih stabil.

Bagi Klepusher yang baru pertama kali melangkah dalam dunia investasi penting sekali kamu memahami konsep dasar terlebih dahulu sebelum menentukan pilihan investasi yang tepat.

Pasalnya, dengan melakukan strategi investasi jangka panjang akan meningkatkan portofolio investasi di masa yang akan datang.

Disamping itu, investasi jangka panjang merupakan solusi pilihan paling tepat bagi Klepusher yang ingin mengembangkan kekayaan secara stabil dan aman.

Sehingga, membuat finansial kamu tidak akan terjadi kosong alias tidak memiliki uang sepeser pun. Oleh sebab itu, untuk menjaga kestabilan finansial maka mulai dari sekarang mau bisa mencoba ikuti dalam dunia investasi agar mendapat keuntungan yang lebih banyak.

Jenis-Jenis Investasi Jangka Panjang

Berikut ini, adalah jenis investasi jangka panjang yang harus kamu ketahui sebelum terjun berinvestasi di perusahaan, diantaranya:

Saham

Jenis investasi jangka panjang yang pertama adalah saham. Dimana, investasi saham ini menawarkan potensi keuntungan yang tinggi dalam jangka waktu panjang.

Investasi Jangka Panjang - Saham. unsplash.com/@ishant_mishra54

Dengan membeli saham di perusahaan yang memiliki prospek sangat bagus, maka kamu akan menjadi bagian pemilik perusahaan tersebut dan berhak mendapatkan keuntungan yang diperoleh.

Oleh karena itu, lakukan cek ulasan dari perusahaan tersebut sebelum membeli saham.
Dan pilihlah perusahaan yang memiliki fundamental kuat dan prospek pertumbuhan yang baik. Hal ini akan mudah dalam diversifikasikan portofolio kamu dengan berinvestasi di berbagai sektor perusahaan.

Reksa Dana

Selain saham, jenis investasi jangka panjang yang selanjutnya adalah reksa dana.

Reksadana merupakan salah satu wadah yang dikelola oleh tim secara profesional dari perusahan untuk berinvestasi di berbagai instrumen keuangan seperti saham, obligasi, dan pasar uang.


Dimana, investasi reksa dana selalu menawarkan kemudahan bagi para investor dalam berinvestasi dan dapat diversifikasi pada jaringan yang lebih luas dibandingkan dengan investasi saham langsung.

bagi Klepusher yang ingin mencoba peruntungan untuk berinvestasi jenis saham, maka pilihlah jenis reksa dana yang sesuai dengan profil risiko dan tujuan keuangan.

Selain itu, coba perhatikan rekam jejak dan biaya pengelolaan reksa dana, pantau kinerja reksa dana secara berkala dan lakukan rebalancing jika kamu dibutuhkan.

Obligasi

Adapun, jenis investasi jangka panjang yang bisa kamu coba berikutnya adalah Obligasi. 

Ini merupakan salah satu jenis investasi dalam surat berharga yang diterbitkan oleh pemerintah atau perusahaan untuk meminjam dana dari investor.
Investasi obligasi menawarkan pendapatan yang stabil dan relatif lebih aman dibandingkan dengan investasi saham.
Tips cara berinvestasi jangka panjang di obligasi yaitu pilihlah obligasi yang diterbitkan oleh penerbit dengan memiliki tingkat kredit lebih baik.

Kemudian, perhatikan dalam beberapa sistem tingkat bunga dan jatuh tempo obligasi, serta diversifikasikan portofolio kamu dengan berinvestasi di berbagai jenis obligasi.

Properti

Jenis investasi jangka panjang yang baik yaitu properti.

Properti adalah salah satu jenis investasi yang punya potensi keuntungan sangat tinggi dalam jangka waktu panjang.


Dimana, nilai properti paling umum sangat meningkat seiring berjalannya waktu. Sehingga, Klepusher akan mendapatkan pendapatan keuntungan juga dari sewa properti tersebut.

Cara memulai investasi jangka panjang dengan jenis properti ini, Klepusher harus cek lokasi terlebih dahulu dan memilih jenis properti yang tepat, untuk memudahkan keyakinan dalam berinvestasi.

Selain itu, perhatikan juga dari segi pertimbangkan faktor-faktor tertentu seperti infrastruktur, aksesibilitas, dan potensi pertumbuhan wilayah, kondisi legalitas dan kelayakan properti.

Sehingga, Klepusher akan lebih mudah menghitung keuangan dengan baik sebelum membeli properti.

Emas

Jenis investasi jangka panjang yang terakhir adalah emas.

Mungkin bagi para investor senor pastinya sudah tahu tentang jenis investasi emas ini.

Dimana, investasi jenis emas tersebut dikenal sebagai aset safe haven yang nilainya cenderung stabil dan meningkat di saat krisis ekonomi.
Investasi emas dapat menjadi diversifikasi yang baik untuk portofolio Anda.
Kamu bisa mencoba beli emas dari perusahaan terpercaya dan pertimbangkan pilihan berbagai bentuk investasi emas seperti emas batangan, perhiasan emas, atau reksadana emas.

Kemudian, simpan emas di tempat yang lebih aman dan pantau harga emas secara berkala.

Keuntungan Investasi Jangka Panjang

Berikut adalah beberapa keuntungan investasi jangka panjang paling utama:

  • Menawarkan potensi keuntungan yang sangat tinggi dibandingkan investasi jangka pendek
  • Risiko yang akan didapatkan sangat rendah dikarenakan nilai fluktuasi sangat stabil
  • Investasi dengan jangka panjang memungkinkan kamu untuk mendiversifikasi portofolio di berbagai jenis aset, seperti saham, obligasi, properti, dan emas.
  • Bisa dijadikan sebagai uang pensiun, membeli rumah atau membiayai pendidikan anak
  • Investasi dengan jangka panjang bertujuan untuk disiplin dalam menabung dan berinvestasi secara rutin.
  • Investasi dengan jangka panjang menjadi cara yang tepat untuk warisan bagi keluarga yang ditinggalkan

Resiko Investasi Jangka Panjang

Berikut adalah beberapa risiko investasi jangka panjang yang perlu diketahui:

  • Risiko Pasar. Nilai investasi kamu dapat berfluktuasi seiring dengan perubahan kondisi pasar.
  • Risiko Inflasi. Inflasi dapat mengikis nilai riil investasi kamu yang tidak dapat membeli barang dan jasa yang sama seperti sebelumnya.
  • Risiko Likuiditas. Beberapa jenis investasi jangka panjang, seperti properti, mungkin memiliki likuiditas yang rendah. Artinya kamu akan kesulitan untuk menjualnya dengan cepat jika membutuhkan uang tunai.
  • Risiko Kredit. Berisiko mengalami gagal bayar jika penerbit obligasi tidak dapat memenuhi kewajiban pembayarannya, sehingga dapat menyebabkan kerugian bagi investor.
  • Risiko Suku Bunga. Kenaikan suku bunga dapat berdampak negatif pada nilai obligasi.
  • Risiko Politik dan Geopolitik. Ketidakstabilan politik dan geopolitik dapat berdampak negatif pada nilai investasi Anda, terutama jika berinvestasi di negara-negara berkembang.
  • Risiko Keterampilan dan Pengetahuan. Jika kamu tidak memiliki pengetahuan berinvestasi, Anda berisiko membuat keputusan investasi yang salah dan mengalami kerugian.
Semoga pembahasan ini dapat bermanfaat dan menginspirasi Klepusher untuk memulai perjalanan dalam membangun finansial di masa depan yang lebih cerah dengan melalui investasi jangka panjang.

Posting Komentar

0 Komentar