6 Strategi Membangun Karir yang Sukses di Era New Normal

6 Strategi Membangun Karir yang Sukses di Era New Normal
6 Strategi Membangun Karir yang Sukses di Era New Normal. Foto dokumentasi Sparklepush.com

Dunia telah berubah, dan begitu pula cara kita bekerja.
Raih kesuksesan karir di era new normal dengan 6 strategi membangun karir yang efektif. Kenali diri & temukan passion.
Tingkatkan skill & pengetahuan.


Di era new normal yang terus berkembang dari segi teknologi maupun peraturan dan kebijakan dalam hal apapun, banyak yang berbeda dari sebelumnya.

Seperti halnya bagaimana cara kita bekerja dan membangun karir yang harus dilakukan serba berteknologi.

Oleh karena itu, jika Klepusher ingin tetap unggul dalam pengembangan diri untuk mencapai cita-cita kesuksesan di era new normal ini, maka dengan 6 strategi membangun karir yang sukses di era new normal yang bisa Klepusher terapkan dapat menjadi bahan referensi yang baik untuk meningkatkan personal branding anda terbaru di tahun 2024.

👉Baca Juga: 10 Manfaat Meditasi untuk Kesehatan Mental dan Fisik Dengan Baik Beserta Cara Melakukannya


Strategi Membangun Karir

Era new normal ini, memang terjadi perubahan besar dari berbagai aspek kehidupan seperti dunia kerja yang harus kita ikuti agar tidak ketinggalan jaman.

Dimana, tuntutan terhadap skill dan knowledge semakin tinggi, dan kita perlu beradaptasi dengan cepat untuk tetap unggul dalam karir dengan memanfaatkan teknologi yang lebih intensif, menuntut para pekerja untuk terus belajar dan beradaptasi.

Era new normal adalah sebuah fase transisi dari masa pandemi COVID-19 ke tatanan kehidupan baru.


Fase ini menandakan bahwa kita tidak bisa beraktivitas seperti biasa hidup bersama-sama sebelum masa pandemi, melainkan harus beradaptasi dengan persatuan dan rutinitas baru untuk hidup berdampingan dengan virus.

Namun, di balik tantangan tersebut, era new normal juga membuka peluang baru dalam keterampilan dan pengetahuan yang menarik.

Beberapa contoh dunia kerja di era new normal yang harus kita ikuti seperti, fleksibilitas kerja yang lebih tinggi, potensi kolaborasi global, dan akses informasi yang lebih luas.

Membangun networking yang kuat adalah kunci utama dalam membuka peluang karir untuk mendapatkan penghasilan gaji tertinggi yang sukses di era new normal.

Di era digital ini, ada banyak cara untuk membangun networking sebagai peluang karir yang bisa diraih secara online dan offline, seperti memanfaatkan platform online media sosial seperti linkedin, facebook, twitter, tiktok, youtube dan sebagainya yang terhubung dengan banyak orang.

Sehingga, anda akan lebih mudah mencari lowongan kerja maupun membangun personal branding di era new normal.

👉Baca Juga: 5 Tips Jitu Membangun Personal Branding yang Kuat untuk Menunjang Karir


6 Strategi Membangun Karir di Era New Normal


Berikut ini, adalah 6 strategi membangun karir di era new normal yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan skill dan knowledge dan memanfaatkan teknologi untuk karir di era new normal, yaitu:

Kenali Diri dan Temukan Passion

Strategi membangun karir di era new normal langkah pertama yang harus kamu siapkan adalah kenali diri dan temukan passion anda.

Seperti contoh pekerjaan atau bisnis usaha apa yang kamu sukai?
Skill atau knowledge apa yang kamu sukai?
Apa tujuan untuk di ingin dalam hidup?

Dengan pertanyaan ini, tentu akan lebih mudah mendapatkan jawaban dan menentukan arah karir Klepusher yang lebih tepat.

Adapun, cara mengenali diri dan menemukan passion, kamu bisa membuat daftar kelebihan dan juga kekurangan passion diri sendiri, mencoba melakukan tes kepribadian atau karir secara online dan coba belajar dengan seorang entrepreneur yang sudah sukses. 

Sehingga kamu akan lebih mudah menjelajahi berbagai pilihan karir yang diinginkan.

Tingkatkan Keterampilan dan Pengetahuan

Selain kenali diri, strategi membangun karir di era new normal untuk menguatkan strategi karir dan juga skill baru yaitu meningkatkan keterampilan dan pengetahuan.

Banyaknya tuntutan terhadap skill dan knowledge dalam dunia kerja, membuat kamu dituntut harus belajar untuk membangun karir di era new normal agar tetap kompetitif.

Dimana, kamu bisa mengikuti program pelatihan, workshop, atau kursus online untuk mempelajari skill baru yang relevan dengan bidang yang Anda minati.

Atau kamu juga bisa membaca buku, artikel, atau menonton video edukasi untuk menambah pengetahuan.

Bangun Networking yang Kuat

Adapun, strategi membangun karir di era new normal yang dapat kamu pelajari adalah membangun networking yang kuat.

Ini adalah salah satu kunci untuk membuka peluang karir yang baru. Dimana, kamu bisa belajar membangun hubungan baik dengan orang-orang di bidang yang sama baik secara online maupun online. 

Menghadiri acara-acara professional, mengikuti grup komunitas online atau menghubungi alumni para entrepreneur menjadi salah satu tips sukses karir di era new normal.

Semakin banyak orang yang kenal anda, maka akan semakin banyak peluang untuk mendapatkan informasi tentang lowongan pekerjaan maupun peluang baru lainnya.

Manfaatkan Teknologi

Strategi membangun karir di era new normal yang paling umum adalah manfaatkan teknologi.

Seiring dengan perkembangan jaman, teknologi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sebagai strategi jitu pengambangan diri di era new normal.

Manfaatkan teknologi sangat mendukung untuk karir Klepusher. Oleh karena itu, kamu bisa membuat CV online yang menarik dan professional agar dapat membangunan personal branding untuk mencari lowongan pekerjaan melalui platform online terpercaya seperti media sosial dan lainnya.

Bersikap Adaptif dan Fleksibel

Bersikap adaptif dan fleksibel merupakan salah satu strategi membangun karir di era new normal yang paling utama.

Dimana, dengan bersikap adaptif dan fleksibel di era new normal ini, kamu diharuskan untuk mempelajari skill baru dan menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja yang baru untuk menerima pekerjaan yang tidak terduga.

Jangan Pernah Berhenti Belajar

Strategi membangun karir di era new normal yang harus dihadapi dengan dunia yang terus berubah dan berkembang adalah jangan pernah berhenti belajar.

Belajar tanpa henti di era new normal dapat memudahkan anda mencari informasi baru, mengikuti tren baru dan meningkatkan keterampilan.

Dengan begitu, Anda harus selalu siap untuk menghadapi tantangan dan peluang baru tersebut dalam karirnya.

Membuat portofolio yang kuat di era new normal menjadi penting untuk meningkatkan karir dalam bekerja di bidang kreatif, seperti desain grafis, web development, atau copywriting.

Selain itu, kamu juga dituntut untuk menjadi proaktif dalam karir di era new normal agar bisa mencari peluang baru, mengajukan lamaran kerja, mengikuti seleksi dan tidak menunggu peluang yang datang.

Disamping itu, kamu juga harus belajar dari kegagalan di era new normal agar karir dapat berkembang dan tidak putus asa.

Membangun karir yang sukses di era new normal ini tentu sangat membutuhkan kerja keras, dedikasi, dan tekad yang kuat. Dengan menerapkan strategi-strategi di atas, Anda dapat meningkatkan peluang untuk mencapai tujuan karir.


Posting Komentar

0 Komentar